Wednesday, October 19, 2011

Balada Mahasiswa Tingkat Akhir

"Balada Mahasiswa Tingkat Akhir : Bukan Balada Biasa"

Teringat tiga tahun lalu,
saya hanya mahasiswa ingusan yang punya gambaran sederhana tentang dinamika kampus.
Beberapa mahasiswa mungkin belum memiliki ekspektasi yang terlalu jauh tentang kampus, ya termasuk saya.

Tingkat pertama, saya merasakan juga yang namanya kesesakan kuliah (a.k.a tugas, laporan, dll).
Saat itu pula saya diperkenalkan dengan dunia kemahasiswaan -yang menurut saya itu 'jebakan'-
Tapi, pada akhirnya 'jebakan-jebakan' itu yang membuat saya bersyukur bisa terjebak.

Tingkat dua, saya menikmati semua kesesakan tugas kuliah, tugas kelembagaan, dan tugas kepanitiaan. rasanya sesak luar biasa...

Tingkat tiga, tantangan tak tangung-tanggung.
tapi, tahap ini yang membuat saya banyak belajar, membuka pikiran, dan memantapkan hati.
ah inilah mahasiswa!

dan hari ini status saya adalah mahasiswa tingkat akhir!

Rasanya sungguh 'galau' kawan,
tapi bukan galauan karena scriptsweet, TA dan lain sebagainya.
rasanya ada yang hilang ketika saya sudah tak bisa lagi aktif di lembaga -setidaknya tingkat fakultas- atau dimana pun itu yang sudah menjadi kebiasaan tiap tahun.

Dulu saya memang pernah mengeluh dengan padatnya hal yang harus saya kerjakan,
tapi sekarang ketika 'amanah' itu sedikit demi sedikit berkurang,
ada kekhawatiran yang mendalam.

Apakah yang saya kerjakan 3, 2, atau 1 tahun yang lalu itu adalah yang terbaik?
Apakah semuanya sudah maksimal?

Sungguh hanya Allah yang tau segalanya, yang plus dan yang minus.
pada akhirnya waktu yang menjawab semua,
satu detik pun tak akan ada yang kembali.

Hanya do'a dan harapan yang sekarang bisa saya haturkan.
Semoga apa yang saya lakukan itu tidak sia-sia..

#muhassabahmahasiswatingkatakhir

0 comments:

Post a Comment